Definisi E-Business
Merupakan penggunaan teknologi informasi khususnya teknologi jaringan dan komunikasi untuk meningkatkan cara organisasi melakukan proses bisnisnya. Dalam pelaksanaan traksaksi bisnisnya secara elektronik yang biasa disebut E-Commerce.
Kategori-kategori E-Business
Jenis E-Business | Karakteristik |
B2C(Business to Consumen | Antar organisasi dengan perorangan Nilai uang yang dilibatkan lebih kecil Transaksi satu-waktu atau transaksi tidak sering terjadi Secara relative sederhana |
B2B(Business to Business) B2G(Business to Government) B2E(Business to Education) | Antar organisasi Nilai uang yang dilibatkan lebih besar Hubungan yang kuat dan berkelanjutan Pemberian kredit oleh penjual ke pelanggan Llebih kompleks |
Definisi E-Commerce
Dalam perkembangannya e-commerce merupakan kegiatan yang meliputi tukar menukar informasi (information sharing), iklan (advertising), dan transaksi (transacting).Bisa disimpulkan bahwa e-commerce adalah suatu transaksi komersial melalui jaringan komunikasi yang dapat berupa fax, e-mail,telegram, telex, EDI serta saran elektronik lainnya yang meliputi kegiatan tukar menukar informasi, iklan, pemasaran, dan kegiatan perbankan melalui internet.
Sifat dan Karakteristik E-Commerce
E-Commerce mempunyai sifat dan karakteristik :
· Transparan dan simultan.
Pertukaran informasi digital antara para pihak yang terjadi dalam proses komunikasi
· Interaktif.
Koordinasi antara perusahaan dengan individu dalam jual beli barang dan jasa dan pengiriman barang
· Cepat.
Keuntungan dan Kerugian E-Commerce.
Keuntungan E-Commerce:
1. Bagi kalangan pengusaha.
· E-commerce dapat memperluas pasar sampai dengan tingkat internasional dengan modal kecil karena melalui internet, para pengusaha dengan mudah, cepat dan murah bias mendapatkan lebih banyak konsumen.
· E-commerce memungkinkan perusahaan untuk menurunkan jumlah persediaan barang dan kelebihan persediaan barang karena penyimpanan barang akan tergantung pada pemesanan konsumen.
· E-commerce dapat meningkatkan efisiensi perusaahn dengan meningkatkan tingkat produktifitas pegawai-pegawai di bagian penjualan dan administrasi.
· E-commerce dapatmenekan biaya komunikasi karena biaya penggunaan internet lebih murah.
· E-commerce juga dapat meningkatkan citra perusahaan dengan semakin baiknya pelayanan kepada konsumen.
2. Bagi konsumen
· E-commerce memunkinkan para konsumen untuk berbelanja atau melakukan transaksi lainnya selama 24 jam untuk seluruh lokasi di seluruh dunia.
· E-commerce memberikan lebih banyak pilihan kepada konsumen dalam bertransaksi.
· E-commerce umumnya menawarkan barang atau jas dengan harga yang relative lebih murah.
· Di dalam sector jas, pengiriman produk lebih cepat.
· Konsumen dapat bertukar informasi dengan para konsumen lain secara interaksi.
3. Bagi masyarakat.
· E-commerce memunkinkan sebagian orang untuk bekerja di rumah mereka.
· E-commerce memungkinkan para pedagang untuk menjual suatu produk/jasa dengan harga yang lebih murah sehingga setiap kalangan dapat membeli produk/jasa tersebut.
· E-commerce dapat menjangkau konsumen yang berada di daerah terpencil.
Kerugian E-Commerce:
1. Secara teknis.
· Kurang terjaminnya keamanan dan relibilitas system termasuk keamanan dan reabilitas standard an protocol komunikasi.
· Kurang memadainya infrastruktur dan bandwith telekomunikasi
· Bagi vendor memerlukan web server dan ifrastruktur lainnya dan server jaringan.
2. Secara hukum.
· Masih adanya beberapa permaalahan hokum yangf belum terpecahkan, sedangkan peraturan perundangan yang dibuat oleh pemerintah Negara-negara cenderung belum sempurna untuk dapat menjangkau beberapa permasalahan seperti terjadinya sengketa dalam perdagangan elektronik yang bersifat lintas batas.
· Keamanan dan privasi dalam perdagangan elektronik dapat merugikan pihak konsumen terutama dalam akses informasi pribadi konsumen.
Melihat perkembangan e-commerce saat ini maka potensi pelanggaran terhadap informasi pribadi masyarakat secara elektronik akan meningkat sehingga pelanggaran terhadap privasi atas informasi pribadi akan bertambah. Pelanggaran privasi yang terjadi di dalam e-commerce antara lain : Informasi pribadi yang diperoleh ketika sesorang melakukan transaksi melalui internet termasuk ketika orang tersebut melakukan pembayaran, contohnya membeli barang melalui situs amazon, yahoo, e-bay ataupun doubleclick.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar